Tutorial seting router tp-link/netis sebagai home wifi router

Tutorial seting router tp-link/netis sebagai home wifi router

selamat pagi semua, terkhusus member tds, kali ini kita akan sama-sama belajar bagaimana seting router rumahan merk tp-link dan netis. Mengapa 2 merk ini? karena di tds kebanyakan menggunakan 2 type ini sebagai router rumahan. Melalui tulisan ini diharapkan member tds dapat menseting sendiri routernya, bagaimana mengganti SSID (nama WIFI), password wifi dan juga mengunci router agar tidak semua bisa login dan mengganti setingan sembarangan. Dari sekian banyak type router tp-link dan Netis rata2 memiliki tampilan dan cara seting yang sama.

Baiklah langsung saja kita mulai tutorial kita, pertama kita akan belajar seting router merk tp-link.

A. Seting Router TP-LINK

hal pertama yang kita lakukan adalah mengetahui username dan password dari router itu sendiri. Gunanya adalah untuk bisa masuk ke dalam setingan router tersebut. Apabila kita tidak tahu username dan password router maka kita akan lakukan reset, hal ini akan mengembalikan setingan default router atau dalam kata lain setingan bawaan pabrik. Seting router ini dapat kita lakukan baik melalui laptop/pc atau melalui handphone (android). Langkah-langkah yang akan kita tempuh adalah sebagai berikut :

  1. Reset router tplink kita dengan menekan tombol reset di bagian belakang router selama 15 detik sampai semua lampu berkedip lalu mati kembali.
  2. Koneksikan kabel sumber internet ke port WAN (Warna Biru)
  3. Sambungkan laptop/PC atau smartphone dengan WIFI Router. Default SSID dan Password/PIN wifi dapat di lihat di bagian belakang router. 
  4. Jika sudah tersambung maka sekarang saatnya kita untuk mulai menseting router kita. Buka browser di pc atau smartphone kita, boleh Chrome, Firefox, IE, atau browser lainnya. Ketikkan alamat www.tplinkwifi.net sehingga akan muncul halaman login dari router seperti gambar di bawah ini. informasi username dan password juga dapat kita lihat di bagian bawah router kita. Secara default TPLink membuat username : admin dan password : admin.
  5. Langkah selanjutnya kita masukkan username dan password lalu tekan login sampai kita dibawa ke halaman utama interface router. Lalu klik Quick Setup
  6. Quick Setup akan membawa kita men-seting router secara otomatis dengan dipandu oleh router, sehingga kita tidak terlalu repot lagi. pada langkah ini klik Next sehingga akan terbuka jendela selanjutnya
  7. Pada langkah ini kita di minta untuk menentukan IP yang akan digunakan untuk terhubung ke internet. Pilih Dynamic IP agar kita mendapat ip otomatis dari internet, setelahnya klik Next.
  8. Pada tahap ini kita diberi pilihan untuk mencloning mac address atau tidak. pilih No, I do NOT need to clone MAC Address lalu klik Next
  9. Nah pada tahap inilah kita akan menyesuaikan SSID (nama wifi)dan password untuk dipakai ketika smartphone atau laptop meminta terhubung ke wifi. Pada kolom Wireless Network Name isikan SSID (Nama Wifi) yang nantinya bisa terbaca oleh smartphone/laptop. Selanjutnya pada kolom Security  klik pilihan WPA-PSK lalu pada kolom Wireless Password isikan password yang unik tapi mudah kita ingat, usahakan membuat password dengan kombinasi huruf,angka dan karakter. selanjutnya klik Next 
  10. Tahapan seting router kita sudah selesai, dan jangan lupa klik tombol Save.
  11. Jika seluruh tahap tadi sudah benar maka akan muncul jendela Finish ini berarti setingan kita sudah benar. jangan lupa klik tombol Finish untuk menyimpan konfigurasi kita. setelah itu router akan restart untuk mengaplikasikan konfigurasi baru yang kita masukkan tadi, setelah router menyala kita sudah dapat menggunakan wifi dari router kita. 
  12. Hal terpenting yang tidak boleh kita lupakan adalah mengganti username dan password default router kita. hal ini untuk mencegah pengguna yang tidak bertanggung jawab merubah atau mengganti konfigurasi yang sudah kita seting tadi. untuk itu koneksikan smartphone/laptop kita dengan wifi yang tadi kita buat lalu login lagi ke router dengan mengetik di browser dengan alamat www.tplinkwifi.net  lalu masuk di menu System Tools,  lalu klik sub-menu Password sehingga muncul jendela seperti dibawah ini. Kita akan jelaskan apa saja yang ada di menu dibawah ini : pertama adalah Old User Name dan Old Password.  ini adalah username dan password yang kita gunakan pertama kali tadi untuk login di router, semua produk tplink menggunakan username dan password yang sama sehingga kita wajib mengganti agar router kita aman dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab. Selanjutnya menu New User Name di kolom ini kita isikan admin (huruf kecil semua). lalu di bagian New Password dan Confirm Password kita isikan password yang akan kita gunakan untuk login lagi di router kita. isikan password yang mudah diingat, PERHATIAN !! password di bagian ini tidak boleh sama dengan password yang digunakan untuk login wifi tadi. selanjutnya klik Save untuk menyimpan konfigurasi dan router akan melakukan restart. 

Demikianlah cara seting wifi home router merk TP-Link. hampir seluruh router home tp-link memiliki interface yang sama, sehingga cara setingnya pun tidak akan jauh berbeda. Semoga bermanfaat dan dapat diikuti dengan teliti. Di post selanjutnya kita akan belajar bersama bagaimana seting untuk home router merk NETIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *